BNPB: Kerugian Akibat Siklon Cempaka dan Dahlia Triliunan Rupiah

Selasa, 05 Desember 2017 - 15:01 WIB
BNPB: Kerugian Akibat Siklon Cempaka dan Dahlia Triliunan Rupiah
BNPB: Kerugian Akibat Siklon Cempaka dan Dahlia Triliunan Rupiah
A A A
JAKARTA - Siklon Cempaka dan Dahlia telah menyebabkan kerusakan baik infrastruktur, pemukiman hingga ekonomi masyarakat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghitung kerugian akibat dua siklon tropis ini mencapai triliunan rupiah.

“Kerugiannya mencapai triliunan rupiah dan saat ini masih dilakukan perhitungan, baik kerugian infrastruktur, permukiman, ekonomi produktif, sosial budaya maupun lintas sektor,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Sutopo mengatakan, kebutuhan untuk merehabilitasi dampak siklon tropis ini juga tidak sedikit. Setidaknya BNPB membutuhkan anggaran yang lumayan besar untuk merekonstruksi pasca bencana tersebut. “Dan lima sektor itu yang akan kita bangun,” ucap Sutopo.

Sebelumnya BNPB menyebut, 41 warga menjadi korban dari siklon tropis Cempaka yang melanda sejumlah daerah di Indonesia beberapa waktu lalu. Siklon Cempaka sendiri telah menyebabkan banjir, longsor serta angin kencang di Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur bagian Selatan.

Daerah terparah dilanda Siklon Cempaka Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Pacitan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6784 seconds (0.1#10.140)